SIAPA PENCIPTA LAGU CANON ROCK ?



Mungkin sebagian dari anda tidak asing lagi dengan lagu Canon atau Canon Rock yang sempat menjadi salah satu video terpopuler di situs video sharing Youtube beberapa waktu lalu. Mungkin anda pernah bertanya tanya siapa pencipta lagu canon rock (termasuk saya dulu :-). Silahkan baca artikel ini untuk mengetahui lebih jelas tentang asal usul canon rock.

JERRY C
Bernama asli Zhang Y�f�n , Jerry Chang atau yang lebih populer dengan nama Jerry C merupakan sosok gitaris asia yang cukup mendunia berkat promosinya lewat teknologi internet..
Pria yang lahir di Taipei, Taiwan 31 Agustus 1981 silam ini, namanya meroket setelah video Canon Rock yang ia rekam melalui webcam menjadi mega hits di situs video sharing, YouTube. Bahkan lagu 'Canon Rock' aransemennya menjadi video terfavorit (yang paling banyak disaksikan) ke-6 sepanjang sejarah berdirinya YouTube meski yang masuk kategori tersebut adalah video yang dimainkan oleh gitaris amatir asal Korea Selatan yang bernama Jeong-Hyun Lim. Lagu Canon Rock sendiri merupakan hasil aransemen ulang dari versi asli Canon in D gubahan Johann Pachelbel menjadi versi rock ala Jerry.
siapa pencipta lagu canon rock
Jerry mulai mempelajari gitar di usianya yang ke-17. Ia banyak terinspirasi oleh gitaris-gitaris seperti Goncalo Pereira, Yngwie Malmsteen, hingga gitaris senior Jepang, Tak Matsumoto. Ia juga mengidolakan grup band seperti Helloween, Metallica, Green Day, Sum41, L'Arc~en~Ciel, GLAY, B'z. Tahun 2003 ia terpilih menjadi gitaris terbaik kompetisi Asian Beat. Namun namanya mulai menjadi pembicaraan di kalangan gitaris baru pada saat ia merilis video Canon Rock pada tahun 2005. Sejak saat itu ia mulai sering tampil di tv, dimuat di majalah Guitar World, hingga menjamurnya gitaris yang memainkan Canon Rock diberbagai situs video. Karya Jerry ini berhasil memberi referensi baru bagi gitaris-gitaris muda di dunia yang mulai menekuni gitar sebagaimana gitaris di era terdahulu yang wajib mempelajari karya Yngwie Malmsteen dengan Far Beyond The Sun-nya atau Steve Vai dengan For The Love of God-nya. Video Lagu Canon Rock hasil aransemen Jerry saat ini di youtube telah ditonton lebih dari 15 juta kali.

JOHANN PACHELBEL
Setelah saya membahas sosok Jerry, tak pantas rasanya saya jika tidak membahas sang komponis pencipta lagu  Canon in D,Johann Pachelbel.  Ia lahir di Nürnberg, 1 September 1653 – meninggal 9 Maret 1706 pada umur 52 tahun. Johann adalah seorang komponis Baroque berkebangsaan Jerman. Ia banyak menghasilkan musik keagamaan maupun sekuler, dan sumbangsihnya terhadap perkembangan choral prelude dan fugue menempatkannya sebagai salah satu komponis zaman Baroque pertengahan terpenting. Karyanya yang paling terkenal adalah canon in D, satu-satunya canon yang ia gubah. Selain itu, beberapa karya lainnya yang terkenal adalah Chaconne in F minor, Toccata in E minor untuk organ, dan Hexachordum Apollinis, sekelompok variasi keyboard.

LIM JEONG-HYUN ALIAS FUNTWO
Lim Jeong-hyun (lahir 5 Juli 1984), juga dikenal dengan nickname online funtwo, adalah gitaris Korea Selatan yg dikenal melalui Canon Rock.sebelumnya ada orang yang mengaku sebagai aranser pencipta lagu canon rock,yakni Pengguna YouTube dengan user name "guitar90" tapi dia bukanlah Lim Jeong-hyun, tapi orang tak dikenal yang kebetulan meng-upload video Lim,dan mengaku canon rock sebagai karya aransemennya. tapi hal Ini telah diperjelas dalam wawancara yang terakhir.

video permainan funtwo ini adalah salah satu di antara 25 video yang paling sering dilihat di you tube dan video yang paling favorited kelima dalam sejarah YouTube dengan lebih dari 73.000.000 penonton,dan puncaknya, menjadi video keempat yang paling banyak dilihat di YouTube.
  



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB
Tags :

Artikel Terkait : SIAPA PENCIPTA LAGU CANON ROCK ?

6 comments:

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.