APA ITU EBOOK ? & CARA MEMBUAT EBOOK DENGAN MICROSOFT WORD



Apa itu ebook ? Ebook adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik, Ebook itu berbentuk file dan tidak memiliki bentuk nyata serta hanya bisa dibaca di perangkat elektronik seperti komputer atau gadget. Umumnya format file dari sebuah ebook adalah PDF, tetapi ada juga beberapa ebook yang berformat.exe. Sebagian besar pengguna komputer lebih memilih ebook dari pada membeli buku karena dinilai lebih praktis dan hemat tempat. Banyak buku buku terkenal yang telah memiliki versi ebook seperti beberapa karya buku dari Micheal H Hart.

Sebuah ebook bisa dibaca di komputer atau gadget dengan menggunakan aplikasi / software tertentu, software yang biasa dan paling banyak digunakan untuk membaca ebook adalah adobe reader. Software ini bisa didownload secara gratis di situs resmi adobe (get.adobe.com/reader). Beberapa ebook juga ada yang dibuat dengan format htm sehingga bisa dibaca secara online menggunakan browser.

CARA MEMBUAT EBOOK DENGAN MS OFFICE WORD

Setelah mengetahui pengertian ebook, sekarang kita akan membahas cara membuat ebook yang paling mudah. Ya.. kita cukup menggunakan Microsoft word. Intinya, tulisan yang dibuat menggunakan microsoft nanti akan dirubah formatnya menjadi file pdf. Caranya sebagai berikut :

1. Buka Microsoft Word dan buatlah sebuah tulisan.

2. Jika tulisan sudah selesai, maka file harus disimpan dengan format PDF.

3. Klik SAVE AS , kemudian pilih PDF or XPS.

4. Jika pada menu SAVE AS belum ada pilihan PDF or XPS, maka anda harus menginstall plugin tambahan di Microsoft Word Anda, caranya lihat pada artikel Merubah Word ke PDF.

5. Contoh ebook yang sudah jadi seperti ini : Ebook Panduan Bisnis PTC untuk Pemula

Dengan begitu anda sudah bisa membuat ebook sendiri. Apabila anda senang menulis entah itu novel cerpen atau apa saja, anda bisa menulis ebook agar bisa dibaca dan dibagikan kepada orang lain, bahkan jika anda memiliki pengetahuan tertentu misalnya seputar bisnis atau apa saja, anda bisa menjual ebook anda kepada orang lain.

Lihat juga : Cara membuat Cover ebook 3D Online



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : APA ITU EBOOK ? & CARA MEMBUAT EBOOK DENGAN MICROSOFT WORD

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.