3 CARA MERUBAH VIDEO KE MP3 SECARA OFFLINE & ONLINE



Tips dan cara merubah video ke mp3 berikut ini merupakan sebuah solusi bagi Anda yang ingin convert video klip ke dalam format mp3 agar bisa diputar pada mp3 player, ponsel, ipod, dan sejenisnya. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa MP3 merupakan sebuah format file yang berbentuk audio atau suara tanpa adanya gambar maupun video. Jadi jika mempunyai sebuah video klip yang tersimpan dalam Video CD (VCD) atau di Komputer, kita bisa mengambil audionya saja. Secara umum proses pengubahan file tersebut disebut dengan "Convert" atau kompres.

Dalam tutorial sederhana cara merubah video ke mp3 ini saya membahas covert video dengan menggunakan 2 metode, yakni offline dan online. Metode convert offline ialah, kita tidak memerlukan koneksi internet dalam proses pengubahan file, yang dibutuhkan hanyalah sebuah software coverter yang bisa dijalankan walaupun komputer sedang tidak terhubung internet. Dari sekian banyak software converter tersebut, anda bisa menggunakan software "Total Video Converter" atau "Format Factory". Hasil pengamatan saya, kedua software ini cukup mudah dalam penggunaannya.

Metode yang kedua untuk merubah video ke mp3 ialah secara online. Jika tidak ingin menginstall software converter, anda cukup mengunjungi situs coverter atau memasang Add-ons pada browser Mozilla Firefox. Hal ini akan dibahas lebih detail dibawah.

1. MERUBAH / CONVERT VIDEO KE MP3 DENGAN SOFTWARE (OFFLINE)


A. TOTAL VIDEO CONVERTER


Software yang digunakan adalah Total Video Converter (disingkat TVC). Selain untuk convert file video ke mp3, TVC juga bisa digunakan untuk convert file video ke dalam format lain, seperti merubah video ke 3gp, flv, mp3, avi, mpeg, mp4 dan lain-lain. Jika Anda belum mempunyai software ini, silahkan download secara gratis di situs resminya www.effectmatrix.com/download.htm, kemudian install pada komputer / laptop.

*Pada screenshot yang ditampilkan saya menggunakan TVC Versi 3.10, versi terbaru mungkin memiliki tampilan skin yang berbeda, namun cara penggunaannya tetap sama. Berikut langkah langkahnya :

1. Persiapkan dahulu video klip yang ingin anda rubah menjadi mp3. Kemudian buka progam "Total Video Converter". Lalu klik NEW TASK - kemudian IMPORT FILES

2. Pilih salah satu video klip yang ingin di convert, lalu klik OPEN. (Anda juga dapat memilih video klip lebih dari satu / massal).

3. Untuk merubah video ke mp3, pilih MP3 AUDIO pada menu AUDIO, seperti gambar dibawah ini.

4. Klik CONVERT NOW untuk memulai proses pengkompresan. (#Opsional, sebelum memulai "convert", anda juga bisa mengatur folder keluaran hasil dan juga mengatur kualitas mp3 dengan high quality, normal quality, atau lower quality, secara default sudah berada pada normal quality).

5. Tunggu file Anda selesai diproses. Mp3 bisa diputar di PC , ataupun dipindahkan ke perangkat mp3 player. Selesai.

B. FORMAT FACTORY


Format Factory mempunyai fungsi yang hampir sama dengan Total Video Converter. Format Factory ialah sebuah sofware converter yang multi fungsi. Dikatakan multifungsi karena Fitur dalam format factory cukup lengkap jika dibandingankan dengan TVC.

Selain untuk merubah video ke mp3, Format Factory juga bisa digunakan untuk convert :
  • Gambar
  • ROM / DVD / CD / ISO - CSO
  • Menyatukan / menggabungkan video
  • Menyatukan / menggabungkan suara / audio
  • Mux.

Untuk mendapatkan software ini silahkan kunjungi www.format-factory.en.softonic.com/download , sedangkan cara merubah file video kedalam format mp3, silahkan dilihat pada artikel cara edit / convert mp3 dengan format factory.

2. MERUBAH / CONVERT VIDEO KE MP3 SECARA ONLINE


Bagi Anda yang ingin convert video langsung dari Internet tanpa perlu install software converter, kini kita bisa menggunakan Add-ons Mozilla Firefox dan situs Youtube. Kenapa menggunakan youtube ? Karena youtube merupakan situs video sharing terbesar di Internet yang memiliki banyak koleksi video klip yang dan musik yang sangat banyak dari lagu klasik hingga lagu lagu terbaru.

Hal yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet, browser Mozilla Firefox, Add-ons Mozilla, dan situs youtube.

A. YOUTUBE TO MP3 PLUGIN


Youtube To MP3 Plugin ialah sebuah add-ons Mozilla yang berfungsi untuk download video dari youtube sekaligus convert video dari situs Youtube kedalam format MP3. Cara penggunaanya sebagai berikut :

1. Buka Brower Mozilla Firefox Anda dan kunjungi link berikut : https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/youtube-to-mp3-plugin/ . Klik ADD TO FIREFOX

2. Setelah install plugin mozilla biasanya akan ada pemberitahuan untuk restart browser mozilla. Setelah sukses akan ada tombol CONVERT TO MP3 pada situs youtube. Seperti pada gambar dibawah ini :


3. Lalu bukalah situs youtube.com dan cari musik / video klip yang ingin Anda convert ke mp3. Kemudian klik CONVERT TO MP3, maka akan terbuka Tab Baru, tunggulah sampai proses Convert video ke mp3 selesai.

4. Apabila proses convert sudah selesai (100%) maka akan muncul TOMBOL DOWNLOAD, seperti pada gambar dibawah ini. Klik Tombol Download tersebut dan SAVE FILE di Komputer Anda. Mp3 siap diputar di pemutar musik.

Itulah tips bagaimana cara merubah video ke mp3 baik secara offline menggunakan software converter maupun convert video secara online di Internet. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat, khususnya bagi Anda Musicmania :-).



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : 3 CARA MERUBAH VIDEO KE MP3 SECARA OFFLINE & ONLINE

5 comments:

  1. enak juga bisa edit video online.
    thanks admin

    BalasHapus
  2. tong lu gimana sih gimana bisa copy tuh link lha lu block :3

    BalasHapus
  3. keren nih admin nya senang sama lagu Avenged Sevenfold juga :D hehe

    BalasHapus

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.