KEUNTUNGAN INTERNET BANKING BAGI NASABAH BANK



Keuntungan internet banking cukup banyak bagi nasabah suatu bank, baik nasabah bank swasta maupun bank pemerintah. Fasilitas Internet banking disediakan oleh bank dengan tujuan memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan Internet sebagai perantaranya. Internet banking biasa juga disebut dengan online banking atau e-banking. Penggunaan Internet Banking dirasa cukup menghemat waktu, terutama bagi mereka yang selalu melakukan transaksi perbankan dalam bisnis.

Keuntungan internet banking yang paling utama adalah kita tidak perlu keluar rumah pergi ke bank atau ATM untuk transaksi perbankan (kecuali tarik tunai). Di zaman yang serba Internet saat ini, hampir semua kegiatan yang dahulu dilakukan secara bertatap muka / offline, kini jadi lebih mudah dengan dilakukan secara Online baik melalui Komputer, Laptop, Tablet, ataupun ponsel, Internet banking inilah salah satunya. Sudah banyak bank bank di Indonesia yang menyediakan fasilitas tersebut, seperti BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, Danamon, Niaga, dll. Untuk dapat menikmati manfaat dan keuntungan dari Internet Banking, pertama kita harus mendaftar internet banking baik melalui ATM maupun langsung melalui bank yang bersangkutan.

Dan berikut ini adalah beberapa keuntung internet banking bagi nasabah bank :

1. MELAKUKAN TRANSFER UANG NON TUNAI


Dengan menggunakan Internet Banking, kita tidak perlu repot repot pergi ke ATM atau bank untuk melakukan transfer uang. Anda cukup Log In ke situs bank yang bersangkutan dan memasukkan nominal rupiah / dolar ke rekening tujuan. Dalam hitungan menit bahkan detik, dengan cepat uang akan berpindah tangan.

2. CEK SALDO DAN MUTASI REKENING


Jika ingin melihat saldo rekening, maka nasabah tidak perlu pergi ke ATM terdekat, cukup memanfaatkan fasilitas dalam Internet banking, maka Anda bisa cek saldo kapanpun dimanapun dengan gadget + koneksi internet yang Anda miliki. Selain itu, Anda bisa melihat data transaksi keuangan (mutasi rekening) dalam beberapa hari, minggu atau bulan terakhir.

3. MEMBAYAR TAGIHAN BULANAN


Membayar tagihan bulanan seperti tagihan listrik, telepon, air, biaya pendidikan, TV berlangganan, bahkan Pajak dll kini bisa dilakukan dengan menggunakan Internet banking tanpa harus datang ke tempat pembayaran seperti biasa. Tentunya tempat pembayaran tersebut harus terdaftar dan terhubung dengan bank. Pembayaran bulanan ini bisa disetting sesuai keperluan dan kebutuhan, misalnya otomatis sebulan sekali sehingga pada waktu jatuh tempo pembayaran akan debet otomatis saldo anda.

4. ISI ULANG PULSA ELEKTRIK


Anda bisa membeli pulsa elektrik untuk ponsel, modem, atau listrik Anda dengan mudah. Pembelian pulsa ini sudah didukung oleh semua operator seluler di Indonesia*. Jadi Anda tidak perlu repot-repot datang ke outlet / counter counter pulsa hanya untuk mengisi ulang pulsa elektrik, harganyapun relatif lebih murah. Biasanya minimal pembelian adalah Rp.25.000 untuk pulsa elektrik.

5. PEMBAYARAN E-COMMERCE


Jika berminat ingin membeli tiket pesawat, hotel, barang barang elektronik, buku, aksesoris, baju, game, dan lain lain. Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan Internet banking ke merchant2 yang sudah bekerjasama dengan pihak bank. Daftar merchant2 bisa lihat di akun Anda. Jika biasanya Anda membeli tiket pesawat di bandara, atau agen travel terdekat, maka tentunya dengan Internet Banking hal ini akan jauh lebih mudah.

6. INFORMASI KARTU KREDIT / CREDIT CARD


Informasi tagihan kartu kredit, Informasi saldo, data transaksi dan lain lain bisa di lihat dari sini. Tentunya card adalah card yang diterbitkan dari pihak bank yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menanyakan pada customer service pihak bank Anda.

7. MELIHAT INFORMASI KURS


Nilai jual beli mata uang / kurs bisa Anda lihat di situs resmi Internet Banking pada bank Anda, informasi kurs yang disajikan selalu up to date, sehingga Anda bisa melihat jatuh naiknya mata uang mata uang terhadap Rupiah seperti :
  • Dolar Amerika (USD)
  • Dolar Singapura (SGD)
  • Dolar Australia (AUD)
  • Euro (EUR)
  • Yen Jepang (JPY)
  • Dolar Hong Kong (HKD), DLL

8. BISA MENGETAHUI PROGRAM BANK


Bank selalu menginformasikan kepada nasabahnya jika ada program program baru, seperti Investasi, angsuran pinjaman, deposito, dsb. Hal ini bisa anda ketahui di situs resmi / situs internet banking bank Anda.

TIPS AMAN BERTRANSAKSI DENGAN INTERNET BANKING


Dengan adanya fasilitas Internet Banking yang dibuat oleh bank, tidak menutup adanya kemungkinan tindakan tindakan kejahatan cyber yang merugikan nasabah dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini sedikit tips untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi via Internet Banking :

  1. Pastikan anda mengunjungi SITUS RESMI internet banking bank Anda saat transaksi perbankan. Jangan terkecoh dengan situs situs palsu yang mengatasnamakan bank.
  2. Jangan menginformasikan USERNAME dan PIN / PASSWORD internet banking Anda, gantilah pin secara berrkala.
  3. HAPUS HISTORY pada komputer setelah melakukan transaksi perbankan, terutama jika Anda mengakses melalui komputer umum (warnet, kantor, wifi, dll).
  4. Jangan meminjamkan / memindahtangankan / memberitahukan Pin TOKEN AKSES kepada pihak manapun. Pin Token ini digunakan pada saat transfer, pembayaran, dan pembelian saja.
  5. Pastikan Komputer yang Anda gunakan untuk mengakses internet banking terberbas dari Virus / Worm, Trojan, Spyware, Malware, maupun Bot (robot).
  6. Laporkan segera ke pihak Bank jika dirasa ada yang tidak wajar pada Akun Anda.

Keuntungan internet banking dan tips aman bertransaksi diatas semoga bermanfaat bagi pembaca. Perlu digaris bawahi bahwa ke 7 fitur keuntungan internet banking diatas mungkin tidaklah sama persis antara satu bank dengan bank lainnya. Namun fitur fitur tersebut secara umum sudah dimiliki beberapa bank di Indonesia.



data-matched-content-ui-type="image_sidebyside" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="1"
Bagikan ke FB

Artikel Terkait : KEUNTUNGAN INTERNET BANKING BAGI NASABAH BANK

0 comments:

Posting Komentar

Panduan berkomentar :
- Gunakan akun Google / Gmail untuk berkomentar.
- Komentar yang bersifat SPAM (Promosi / Link aktif) dan sejenisnya tidak akan diterbitkan.
Harap maklum.